Sabtu, 26 November 2011

SAP Terapi Aktivitas Bermain (TAB)


SATUAN PEMBELAJARAN

Mata ajar        : keperawatan anak II
Sub.topik        : Terapi bermain pada anak sakit
Sasaran           : anak toddler
Hari/Tanggal : Jum’at,14 Oktober 2011
Waktu             : Pukul 10:00-10:45 WIB
Permainan :  membedakan warna berdasarkan gambar,melempar bola
1.     Latar belakang
Bermain merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kesenangan, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Ada orang tua yang berpendapat bahwa anak yang terlalu banyak bermaian akan membuat menjadi malas bekerja dan bodoh. Anggapan ini kurang bijaksana, karena beberapa ahli psikolog mengatakan bahwa permainan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa anak (2006).Ketika masa anak sudah memasuki masa todler anak selalu membutuhkan kesenangan pada dirinya dan anak membutuhkan suatu permainan. Aktivitas bermain merupakan salah satu stimulus bagi perkembangan anak. Sekarang banyak dijual macam-macam alat permainan, jika orang tua tidak selektif dan kurang memahami fungsinya maka alat permainan yang dibelinya tidak akan berfungsi efektif. Alat permaianan hendaknya disesuaikan dengan jenis kelamin dan usia anak, sehingga dapat merangsang perkembangan anak dengan optimal. Dalam kondisi sakitpun aktivitas bermaian tetap perlu dilaksanakan namun harus disesuaikan dengan kondisi anak.Ruangan yang digunakan adalah di ruangan terapi bermaian Rumah Sakit Blambangan Banyuwangi. Dimana di ruang tersebut terdapat alat-alat bermain yang disesuaikan dengan usia anak. Terapi bermaian ini bertujun untuk mempraktekkan keterampilan, memberikan ekspresi terhadap pemikiran, menjadi kreatif dan merupakan suatu aktifitas yang memberikan stimulasi dalam kemampuan keterampilan kognitif dan afektif.
2.     Tujuan umum
Setelah mengikuti program bermain diharapkan anak dapat bersosialisasi dan dapat mengekspresikan perasaannya selama di rawat di rumah sakit,Untuk melanjutkan tumbuh kembang anak dan meminimalkan hospitalisasi pada anak.
3.     Tujuan khusus
Setelah dilakukan program bermain selama 45 menit,diharapkan:
A.    Segi kognitif
Anak mampu mengikuti instruksi yang diberikan
B.     Segi motorik
Anak mampu membedakan warna gambar sesuai dengan benar
Anak mampu melempar bola dengan benar
C.     Segi sensorik
1.      peserta dapat membedakan 1 dari 3 warna gambar dengan benar
2.      peserta dapat melempar bola ke keranjang.
4.     Kriteria hasil
Secara verbal anak mengatakan senag dapat mengikuti aktivitas bermain bersama yang telah dilaksanakan,Anak keluar dari ruangan bermain dengan wajah ceria dan menceritakan pengalamannya pada orang tua,Anak termotivasi untuk bermain lagi,Anak tidak merasa cemas selama dirawat di Rumah Sakit.


5.     Pengorganisasian
Leader          : Nurica
Co.leader      : Sofyan F.A
Fasilitator     : Gita Yulia
Observer       : M.Dhika.H
6.     Kriteria peserta
1.Peserta adalah anak toddler usia 1-3 tahun yang dirawat di Rumah Sakit
2.Jumlah peserta 4 orang
3.Anak yang kooperatif
7.     Kegiatan
NO
WAKTU
KEGIATAN BERMAIN
KEGIATAN ANAK
1
Pukul 10:00-10:05
Fase orientasi
·         Ucapkan salam teraupetik
·         Perkenalan anggota kelompok
·         Perkenalan nama masing-masing anak
·         Menjelaskan tema bermain dan tujuan bermain
·         Menjawab salam
·         Mendengar dengan antusias
·         Memperkenalkan diri dengan antusias
·         Anak memahami tujuan bermain
2
Pukul 10:05-10:35
Fase kerja
·         Memulai permainan
·         Memberikan pendidikan kesehatan cara mencuci tangan dengan benar
·         Anak tertarik dengan permainan
·         Anak dapat mengikuti permainan dengan antusias
·         Anak memperhatikan dengan antusias
3
Pukul 10:35-10:45
Fase terminasi
·         Membahas manfaat dan kesimpulan permainan
·         Menentukan pemenang
·         Salam penutup
·         Anak mendengarkan
·         Anak terlihat antusias dan gembira
·         Anak menjawab salam

8.     Evaluasi

a.     Evaluasi struktur

1)      Media yang digunakan berupa macam-macam warna kertas,buku gambar,bola,dll
2)      Tempat yang disediakan untuk bermain telah disediakan
3)      SAP telah dibuat
4)      Melakukan koordinasi dengan perawat ruangan dan dosen dalam mempersiapkan terapi
5)      Telah melakukan kontrak waktu terapi bermain dengan  CI ruangan Mawar.
b.    Evaluasi proses

Terapi bermain berlangsung selama 45 menit dan diikuti oleh anak-anak berusia 1-3 tahun
c.      Evaluasi hasil

·         Dari 4 anak 80% anak mengikuti instruksi yang diberikan
·         Dari 4 anak 65% anak mampu membedakan warna berdasarkan gambar dengan benar
·         Dari 4 anak 65% anak mampu melempar bola ke dalam keranjang dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar